• 08 Apr 2021
  • faiznoor
  • 0
Berita

PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH MENGANTI MERESMIKAN GEDUNG ASRAMA SANTRI PUTRI BARU

Jepara – Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jepara Drs. H. Mohammad Habib, M.M. meresmikan asrama Pondok Pesantren Darul Hikmah Menganti di desa Menganti, kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Kamis (01-04-2021).

Orang nomor satu di Kementerian Agama Kabupaten Jepara mengapresiasi berdirinya asrama putri tersebut. Dalam sambutannya, pondok pesantren merupakan lembaga cikal bakal dari generasi penerus bangsa yang andal, tangguh, berprestasi, dan berakhlakul karimah. Beliau mengharap dengan diresmikannya gedung asrama baru ini akan menambah semangat santri untuk giat dan tekun dalam menuntut ilmu dan sebagai sarana Yayasan Darul Hikmah untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Pimpinan yayasan sekaligus pengasuh pondok pesantren Darul Hikmah, Drs. K. M. Asyhari Tamam, S.H., M.S.I., mengatakan bahwa peresmian ini bertepatan dengan agenda haul Masyayikh K. H. Sulaiman Tamam. Beliau merupakan penerus dari pondok pesantren yang didirikan oleh kakeknya mbah K.H. Soetomo pada tahun 1893. Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1955, Mbah K. H. Sulaiman Tamam sendiri mendirikan madrasah bertujuan untuk mendorong para santri atau warga sekitar yang ingin melanjutkan pendidikan formalnya. 

Yayasan Darul Hikmah Menganti merupakan yayasan yang melayani peserta didik meliputi jenjang madrasah (sekolah formal) dan Pondok Pesantren. Untuk tingkatan santri yang ada di pesantrenya sendiri mulai dari tingkat dasar Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Santri Bocil, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) mereka semua dibekali dengan program utama pesantren, yaitu Tahfiz dan Kitab Kuning selain itu juga para santri juga dibekali program rutinan berupa tasrifan, madrasah diniyah, khitobah, tahlil, Bahasa Jawa Kromo, dan Bahasa Inggris.

Realisasi pembangunan asrama baru ini tidak terlepas dari keterlibatan dan bantua semua pihak. Bantuan tersebut meliputi dana dari pemerintah, warga masyarakat, serta sumbangan yang tidak mengikat. Semangat pengurus yayasan untuk memperluas dakwah islam melalui pesantren memicu ghirah (semangat) dalam mengembangkan pesantren dan madrasah sehingga diharapkan dengan peresmian asrama baru ini, desa Menganti mampu menjadi salah satu alternatif rujukan masyarakat Jepara dan sekitarnya untuk membekali putra putrinya dengan ilmu agama dengan mengirimkan mereka ke Ponpes Darul Hikmah.


FAIZ NOOR
Penulis

Saya menangis karena saya tidak punya sepatu, lalu saya bertemu dengan seorang pria yang tidak punya kaki.